Monday, September 10, 2018

Penulisan Komentar pada Script PHP

Komentar dalaman pemrograman adalah tulisan-tulisan atau keterangan-keterangan yang dapat memperjelas detail program yang dibuat oleh programmer. Komentar tidak dianggap sebagai bagian tubuh program, sehingga compiler tidak mengikutsertakan komentar dalam proses compile program.

Penulisan Komentar pada Script PHP
Penulisan Komentar pada Script PHP
Ada beberapa cara penulisan komentar pada PHP, simak artikel ini untuk belajar mengenai Penulisan Komentar pada script PHP :

  1. Metode Komentar Unix Shell

    Metode Unix Shell berasal dari sistem Unix dan menggunakan karakter tanda pagar atau hash mark (#).

    Dengan menggunakan metode ini, PHP akan mengabaikan seluruh text yang terdapat setelah tanda pagar sampai akhir sebuah baris atau tag penutup PHP.
    Metode Unix Shell ini hanya efektif di gunakan untuk membuat komentar pendek.
  2. Metode Komentar C++

    Metode komentar ini identik dengan pembuatan komentar dari bahasa pemrograman C++ dan memiliki beberapa kesamaan dengan metode komentar unix shell, yaitu metode komentar C++ berlaku hanya untuk sebuah baris atau sampai tag penutup PHP. apabila metode komentar Unix Shell menggunakan karakter #.

    metode C++ menggunakan karakter dua kali garis miring (two slashes), yaitu "//". Adanya kesamaan sifat seperti Unix Shell
  3. Metode Komentar C

    Metode komentar C berfungsi untuk membuat komentar yang panjang, artinya komentar ini bisa di lakukan lebih dari satu bari script PHP. Karena sifatnya yang harus di berikan tanda tutup untuk mengakhiri komentar, metoded komentar C disebut komentar tipe blok. Di awal komentar, kita menuliskan sebuah garis miting dan diikuti dengan tanda bintang (/*).

    Selanjutnta, semua text setelah tanda bintang (*) akan di anggap sebagai komentar hingga PHP menemukan tanda tutup, yaitu karakter bintang dan diikuti dengan garis miring (*/). Karena sifatnya yang panjang. metode komentar C ini terdiri dari bebrapa baris.


EmoticonEmoticon