Tuesday, July 4, 2017

Pembuatan Direktori Web Codeigniter di XAMPP

Pada dasarnya sebuah web tersimpan pada sebuah cloud hosting jika web tersebut sudah di publish di internet. ada juga web yang hanya bisa diakses di jaringan lokal, katakanlah web tersebut hanya bisa dikases siarea kantor, instanasi atau suatu sekolahan dalam jaringan yang sama. namun ada juga web yang bisa diakses di komputer milik kita saja. nah web tersebut tersimpan dalam sebuah direktori penyimpanan web.

Simak tutorial berikut untuk pembuatan Direktori Web Codeigniter dengan menggunakan XAMPP

Tutorial ini merupakan tutorial berkelanjutan, untuk melihat daftar isi silahkan baca artikel : Tutorial Pembuatan Apliakasi PPDB Online Berbasis Web Lihat Artikel )
Pembuatan Direktori Web Codeigniter di XAMPP
Pembuatan Direktori Web Codeigniter di XAMPP

Dalam tutorial kali ini kita akan membahas cara pembuatan direktori web dengan menggunakan aplikasi xampp, yang nantinya web tersebut bisa di akses di komputer milik kita, maupun di komputer lain namun masih dalam jaringan yang sama. tutorial kali ini merupakan tutorial lanjutan dari tutorial sebelumnya.

Baca juga : Tutorial Pembuatan Database Aplikasi PPDB Online menggunakan MySQL di PhpMyAdmin
sebelum memulai tutorial yang perlu kita siapkan adalah framework php yakni, codeigniter. untuk mengunduh framework tersebut silahkan bisa mengunduh ( disini : www.codeigniter.com/download ).

selain kita membutuhkan sebuah framework kita juga memerlukan aplikasi xampp, untuk aplikasi xampp sendiri bisa di unduh ( disini :  ) setalah berhasil mengunduh silahkan untuk di install.

jika semua software sudah siap digunakan, ikuti langkah langkah berikut :

  1. Buka aplikasi xampp lalu aktifkan Apache dan MySQL
    Apache berfungsi sebagai sebuah Web Server
    MySQL berfungsi sebagai penyimpanan Database
  2. Selanjutnya kita cari letak dari instalasi aplikasi xampp itu dimana, biasanya kalau menggunakan Sistem Operasi Windows terletak di : [ c:/xampp/htdocs/ ]. sedangkan jika menggunakan Sistem Operasi Linux terletak di : [ /opt/lampp/htdocs/ ] tinggal menyesuaikan saja
  3. Buatlah sebuah folder baru di dalam folder htdocs, terserah nama foldernya apa. sebagai contoh saya beri nama foldernya "ppdb", jadi untuk mengaksesnya kita tinggal membuka web browser Google Chrome ataupun Mozila Firefox.
    masukan url di bagian url address bar : http://localhost/ppdb atau juga http://127.0.0.1/ppdb atau juga bisa ip komputer kita semisal http://192.168.1.7/ppdb
  4. Extract file zip atau rar hasil download Framework Codeigniter ke dalam folder yang sudah kita buat tadi ( folder ppdb )
  5. Selanjutnya kita akses http://localhost/ppdb atau http://127.0.0.1/ppdb atau juga bisa ip komputer kita semisal http://192.168.1.7/ppdb jika muncul tampilan Web Welcome Page dari Codeigniter tandanya kita sudah berhasil membuat direktori web dengan menggunakan xampp

Baca juga artikel terkait :
Bagaimana mudah bukan pembuatan direktori web codeigniter menggunakan xampp ? jika anda mengalami kendala atau error anda bisa bertanya di kolom komentar. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda yang sedang belajar pemrograman php khususnya Framework Codeigniter, dan apabila anda menyukai tutorial ini, silahkan bagikan artikel ini di akun sosial media milik anda.


EmoticonEmoticon